Sabtu, Januari 31, 2009

Diam Dan Menjauh

Saat ini saya berpikir, Kenapa ada orang yang malah diam dan menjauh ketika mereka tidak menyukai sesuatu atau seseorang. Menurut saya hal itu kurang baik. Ada satu pertanyaan yang harus mereka jawab, "Apakah dengan diam dan menjauh dapat membuat orang yang mereka tidak sukai tahu dan bahkan dapat berubah agar mereka dapat kembali menyukainya?" Pasti mereka tahu jawaban yang tepat. Bisakah hal itu disebut dewasa?
Coba kita lihat sesuatu hal yang kita tidak sukai menjadi suatu masalah, dan setiap masalah harus segera kita selesaikan. Tentunya dengan diam dan menjauh takkan mengubah apapun. Cobalah untuk mendekat dengan orang tersebut, beri tahukan hal yang kita tak sukai dari dia dan sarankan sesuatu yang lebih baik atau suatu solusi dari perubahan.
Meskipun hal itu bukan menjadi suatu alasan untuk dapat berubah tapi setidaknya kita telah melakukan hal yang lebih baik dan bijak. Ketahuilah bahwa kedewasaan itu bukanlah satu hal yang mudah untuk di pahami. Kedewasaan membutuhkan berbagai proses yang cukup panjang.
Salah satun tanda kedewasaan adalah dapat memahami perasaan orang lain. Belajarlah untuk menjadi orang yang lebih bijak dan mau menerima semua kenyataan meskipun itu pahit, bila kita melakukan hal yang buruk pun kita harus berani berubah. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi tanpa introspeksi diri dan juga saran dari orang lain maka pasti orang tersebut pasti akan tetap tenggelam dalam kesalahan yang telah ia lakukan.

0 komentar: