Jumat, Januari 09, 2009

WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) atau WLAN (Wireless Local Area Network) merupakan suatu topologi atau sistem pemasangan jaringan pada komputer-komputer yang dapat menjangkau sebuah benua bahkan seluruh dunia. WAN bekerja menggunakan gelombang radio yang menjalar dari pengirim ke penerima atau point to point melalui Free Space,Pantulan(Defraksi), Line Of Sight (LOS) atau garis penglihatan. Sinyal radio bekerja melalui banyak jalur(Multipad). Tiap sinyal mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan memiliki level yang berbeda pula. Bentuk-bentuk jaringan WAN diantaranya jaringan Peer to Peer, Point to Point, Point to Multipoint dan ada juga yang disebut dengan Aplikasi Bridge.

Berikut ini adalah bentuk-bentuk jaringan WAN:

Jaringan peer to peer adalah suatu jaringan yang menghubungkan secara langsung dua komputer atau lebih yang berdekatan dengan menggunakan media kabel UTP.

Jaringan Point to Point adalah suatu jaringan yang menghubungkan sepasang node atau komputer dengan gelombang radio atau frekuensi tertentu atau biasa di sebut dengan Wireless karena tidak menggunakan kabel tetapi menggunakan antena sebagai penerima sinyal yang di pantulkan.

Jaringan Point to Multipoint adalah jaringan-jaringan yang terhubung dari satu titik node ke banyak titik (node/komputer). Pada dasarnya jaringan ini hampir sama dengan jaringan Point to Point tetapi bedanya adalah jaringan ini menghubungkan satu Node ke banyak Node.

Bridging (Aplikasi Bridge) adalah suatu jaringan yang menghubungkan sepasang node yang ternyata jaraknya cukup jauh dan tidak bisa ditempuh secara langsung. Karena dalam hal penyampaian data, bila jarak antara node terlalu jauh maka data tersebut juga dapat hilang sehingga diperlukan perantara dan itulah yang disebut bridging.


Wide Area Networks (WAN)
adalah jaringan antara komputer yang lebih luas dari LAN dan MAN. Ruang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut. Sebagai contoh keseluruhan jaringan perusahaan yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, sebuah lembaga yang ada di Jakarta bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Tokyo, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya. Jaringan yang lebih luas lagi disebut Internet.

0 komentar: