Rabu, Januari 07, 2009

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai elemen dan juga komputer tentunya yang berfungsi untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lain dalah suatu jaringan. Agar dapat berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lain, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dalam Jaringan ini terdapat pengelompokan berdasarkan skala jangkauannya.

Klasifikasi Berdasarkan skala :

  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitant Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Grobal Area Network (GAN)
---------------------------------------------------------------------------------------------

Personal Area Network Adalah jaringan komputer yang menggunakan suatu alat hanya untuk satu orang. Jangkauan dari PAN rata-rata hanya beberapa meter saja. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (uplink)


Campus Area Network adalah jaringan komputer yang terdiri dari LAN yang memiliki batasan geografis. Bentuk ini juga bisa dikatakan mirip dengan MAN tetapi haya untuk pengaturan dalam Suatu Kampus/Sekolah. Dalam hal perguruan tinggi berbasis kampus-kampus daerah jaringan, jaringan akan menghubungkan berbagai kampus termasuk bangunan akademik departemen, universitas dan perpustakaan dan ruang tempat tinggal siswa. CAN jaringan yang lebih besar dari sebuah jaringan area lokal, tetapi lebih kecil daripada luas area network (WAN), (dalam beberapa kasus).


Local Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area fisik kecil, seperti rumah, kantor, atau sekelompok kecil bangunan, seperti sekolah, atau bandara. Yang mendefinisikan karakteristik Lan yaitu, kontras ke berbagai daerah-jaringan (WAN), mereka biasanya lebih tinggi termasuk data transfer rates-nya, rentang geografis yang lebih kecil, dan kekurangan yang perlu untuk sewa saluran telekomunikasi. Ethernet melalui kabel unshielded twisted pair, dan Wi-Fi merupakan dua teknologi yang paling umum saat ini, tetapi ARCNET, Token Ring dan lain-lain telah digunakan di masa lalu.


Metropolitant Area Network adalah jaringan komputer yang besar biasanya mencakup kota. Mereka biasanya menggunakan nirkabel atau infrastruktur serat optik sambungan link ke situs mereka. Jaringan ini cukup besar dan mencakup daerah Kota dan juga Daerah provinsi.


Wide Area Network adalah jaringan yang mencakup seluruh daerah yang sangat luas, seperti negara dan juga bahkan benua. WAN digunakan untuk menyambung LAN dan jenis jaringan bersama-sama, sehingga pengguna dan komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain. WAN banyak dibangun khusus untuk satu organisasi dan swasta. Lain, yang dibangun oleh penyedia layanan Internet, menyediakan koneksi dari sebuah organisasi LAN ke Internet.


Global Area Network adalah suatu jaringan yang menggabungkan banyak jaringan yang bentuknya lebih kecil, Jangkauan jaringan ini sangat luas dan juga merupakan yang terluas dari seluruh jaringan Komputer.

---------------------------------------------------------------------------------------------

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

  • Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.

  • Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Biasanya menggunakan media kabel sebagai penghubungnya.

---------------------------------------------------------------------------------------------


0 komentar: